CHRIST BERNARD

BLOG BERISI BERBAGAI MACAM INFORMASI TEKNOLOGI, ANIME, DAN PERANG DUNIA, YANG MUNGKIN AKAN MENAMBAHKAN WAWASAN TERBARU. STAY IN MY BLOG ^_^

LightBlog
Space Iklan Disewakan

Thursday, June 21, 2018

Mengelola Tata Letak Pada Blogger / Blogspot

Setelah mengatur bagian kolom dan post pada perancang template blogger/blogspot. Maka langkah selanjutnya adalah mengatur tataletak, yang dimaksud dengan tata letak disini adalah posisi widget atau sidebar, dan format tampilan.


Berikut adalah menu dari tata letak, yang berupa bagan-bagan yang bisa anda atur sesuai keinginan. (Dalam contoh gambar dibawah ini adalah tataletak dari template dengan 1 buah sidebar disisi kanan, dan footer dua kolom)



Pada pengaturan tata letak di blogger/blogspot ini anda bisa melakukan hal berikut:

1. Mengganti Icon Favicon pada Blogger/Blogspot
Icon yang muncul di tab browser. seperti ini:


Langkahnya: 
Pilih edit pada Favicon, lalu upload icon image, disarankan 32x32 bisa berupa png,gif,jpeg.

Simpan jika sudah terupload

2. Menghapus Nav Bar (Navigation Bar pada Blogger/blogspot)
 
Secara default, blog yang dipublish akan memiliki navigasi bar seperti ini dibagian atasnya.
Untuk menghilangkannya cukup mudah, pada bagan Navbar, tekan edit, maka nanti muncul jendela popup seperti ini:



Anda bisa memilih navbar jika ada yang disuka, atau off untuk menghapus / menyembunyikannya.

3. Mengganti Judul Blog, Deskripsi, dan Logo Blog pada blogspot/blogger
Selain mengganti judul blog dan deskripsi melalu setelan, anda juga dapat menggantinya di pengaturan tata letak ini. Tekan edit pada bagan "blog anda (header)" maka akan muncul popup untuk mengatur keterangan situs blog.



4. Mengatur tata letak posting
Untuk mengatur tata letak posting anda bisa edit pada "Posting Blog", berikut adalah opsi yang ada pada pengaturan tata letak posting blog.



5. Menambah widget / elemen / gadget pada sidebar/footer.
Untuk menambah gadget (istilah di blogger, di situs lain bisa bernama widget, elemen, dsb). Cukup tekan tambahkan gadget di lokasi sidebar/footer yang anda inginkan. Lalu anda bisa menambah gadget-gadget yang tersedia oleh blogger/blogspot.



Nah itu saja yang bisa anda lakukan di tata letak pada blogger/blogspot ini, sebelum menyimpan, ada baiknya dilihat dulu previewnya, tekan tombol preview/pratinjau:





Untuk pratinjau akan terlihat seperti ini:


Jika dirasa sudah cocok, tekan simpan setelan, jika ingin kembali ke default atau ke setelan yang telah tersimpan sebelumnya, tekan saja tombol hapus.

Ok itu saja tentang pengelolan template dan tata letak, untuk latihan akan dibahas dipostingan tersendiri. Untuk postingan selanjutnya adalah tentang "Posting Blog".

No comments:

Post a Comment